Rambut rontok bukan sekadar terjadi di wanita tetapi juga dialami bagi kaum pria. Kerontokan masih dinilai wajar bila jumlahnya kurang dari 100 helai setiap hari. Tetapi bagi perempuan hal itu bisa sebagai masalah ini cukup besar karena mampu membuat kepercayaan diri berkurang. Agar hal tersebut tidak terjadi ada hendaknya kita ketahui lebih dini penyebab kerontokan rambut dan cara untuk mengatasi rambut rontok tersebut.


1. Gangguan Hormon

Ada sebagian hormon yang bisa penyebabkan rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Kerontokan rambut dapat terjadi akibat gangguan hormon Alopesia Androgenetik. Hormon adalah penyebab kebotakan yang terbanyak terjadi, pada persentase hingga 70% pada pria dan 40% pada perempuan. Kebotakan disebabkan hormon adalah salah satunya penyakit keturunan yang disebabkan karena kenaikan sensitivitas genetik dari akar rambut pada dihydrotestosterone (DHT).

Sementara Hormon Alopesia Areata yaitu gangguan hormon yang menimbulkan rambut menjadi pitak. Hormon ini disebabkan oleh penyakit yang disebut sebagai autonium Dalam kondisi ini, biasanya terjadi pada kalangan remaja dan dewasa muda. Tetapi kerontontokan jenis jauh dari bersifat permanen artinya rambut akan bertumbuh kembali setelah satu tahun. Ada sejumlah penyakit yang bisa menyebabkan alopesia areata ini termasuk diabetes, vitiligo, anemia penyakit tiroid, dan persinius. Di samping penyebab terjadinya kerontokan pada perempuan biasanya ketika memasuki masa monopouse, masa kehamilan bahkan pengaruh menggunakan alat kontrasepsi.

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin

Penyebab rambut rontok parah berikutnya dapat terjadi karena pengaruh gizi dan vitamin. Kulit kepala adalah tempat di mana rambut tumbuh dan akar rambut melekat. Sehingga kesehatannya harus dijaga dengan nutrisi yang memadai. Asupan gizi dan vitamin yang tidak terlalu menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Kerontokan yang dialami sebab helaian rambut yang tumbuh menipis dan membuat gampang rapuh. Maka dari itu, keseimbangan makanan yang memperhatikan berbagai gizi dan vitamin penting sekali dan bisa mengatasi kerontokan rambut.

3. Penggunaan Zat kimia

Perawatan rambut yang terlalu banyak dengan zat kimia menjadi satu diantaranya penyebab rambut rontok. Pewarnaan rambut yang sering kali dan menggunakan dosis yang berlebih bisa memicu rambut rusak. Karena itu, telitilah sebelum anda melakukan pewarnaan bagi rambut. Di samping itu zat kimia yang dipakai dalam proses pelurusan rambut atau rebounding. Proses pendiaman rambut selama kurang lebih 30 menit pada pelurusan rambut tersebut memperparah kerontokan akan dialami bagi rambut.

4. Alat Hair stylist

Untuk mendukung penampilan agar tetap terlihat cantik, kaum hawa biasanya bersedia meluangkan waktu berjam-jam di salon. Adapun perawatan memakai alat pencatokan dan pengeritingan rambut berpengaruh buruk untuk rambut. Alat catok dipakai dekat dengan kulit kepala dengan demikian membuat akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi semakin cepat patah. Adapun pada alat keriting, rambut dililitkan terhadap alat dan menjadikan akar rambut tertarik jadi rambut menjadi pecah-pecah lalu bercabang. Alat lainnya yang khususnya digunakan ialah hairdryer atau pengering rambut. Menggunakan alat ini yang sering kali menyebabkan rambut menjadi cepat kering dan menjadikan akar rambut patah maka kerontokan menjadi semakin cepat terjadi.

5. Efek Samping Obat

Ada sejumlah obat yang mempunyai efek samping membuat rambut yang rontok. Diantarnya ialah obat yang dipakai obat untuk mengatasi depresi, obat kemoterapi, obat pengencer darah, dan kontrasepsi. Kerontokan bakal berkurang bila penggunaan obat dihentikan.

6. Jarang sekali keramas

Rambut rontok bisa juga disebabkan karena memang jarang keramas. Rambut akan menjadi berminyak dan lembab. Hal yang menjadikan rambut menjadi rontok, ketika adanya pancaran sinar matahari yang menjadikan rambut tercampur bersama keringat. Lalu rambut yang terkandung dalam kulit kepala dapat terserap oleh akar rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Selain, di ketika keramas usahan jangan terlalu kenceng menggosok kepala. Hal itu bisa merusak akar rambut, karena hal itu juga bisa membuat rambut menjadi rontok.

7. Terlalu kenceng Mengikat Rambut

Bagi kaum perempuan biasanya mengikat rambut dilakukan untuk mempercantik penampilan. Tetapi, penting diperhatikan lemah atau kuatnya ikatan yang dibuat. Rambut yang diikat sangat kuat menyebabkan akar rambut tertarik. Inilah yang menjadikan munculnya kerontokan. Apabila ingin mengikat rambut secara kuat pastikan tidak lebih dari 2 jam. Sebab ikatan kuat bukan hanya sekedar membuat rambut rontok tetapi juga nyeri kepala.

8. Penyakit

Ada sebagian penyakit yang bisa mempermudah kerontokan rambut lebih parah. Penyakit kronis tersebut di antaranya adalah lupus dan diabetes. Selain pengaruh dari kemoterapi yang beresiko merata di kulit kepala, wajah, dan tubuh. Kemoterapi jauh dari bersifat permanen dan rambut dapat tumbuh kembali normal beberapa bulan setelah berhenti menjalani kemoterapi.

9. Kehamilan

Banyak perempuan yang mengalami rambut rontok ketika hamil atau sesudah melahirkan. Penyebab terjadinya kerontokan rambut pada perempuan ini terjadi secara natural alami lalu akan pulih lagi biasanya setelah 3 bulan pasca melahirkan. Adapun wanita yang tetap mengalami kerontokan setelah masa tersebut tetapi jumlah telah berkurang.

10. Gangguan Emosional

Rambut rontok dapat muncul ketika seseorang tertekan atau terkena stress yang berlebih. Ketika seseorang stress maka akan terjadi adalah otot syaraf yang di kepala menegang. Menegangnya otot syaraf di kepalanya ini bisa menyebabkan akar syaraf rambut melemah. Disaat akar syaraf rambut lemah lalu dapat terjadi kerontokan.

11. Keterpaparan sinar matahari Bahkan Polusi

Dikutip dari wikipedia, pancaran sinar matahari atau radiasi matahari mempunyai manfaat yang betul untuk badan kita tetapi tidak dipungkiri, bila terlalu lama ada di bawah keterpaparan sinar matahari dapat menyebabkan beberapa penyakit satu diantaranya menurunnya kesehatan ke rambut kita yaitu yang beresiko kepada berkurangnya keratin rambut. Keratin adalah protein yang ada di rambut, kuku dan gigi terhadap manusia. Fungsi keratin untuk rambut adalah dengan memelihara kesehatan rambut supaya tetap berkilau.

12. Rokok

Kandungan dalam sebuah rokok sangat tidak mempunyai manfaat yang artinya untuk dalam tubuh kita. Rokok mengadung zat adiktif yang bisa merusak organ yang ada di dalam tubuh seperti paru-paru, jantung dsb. Tetapi tak hanya bisa merusak organ di dalam tubuh tetapi rokok juga amat berpengaruh pada kesuburan rambut kita, karna dari penelitian yang baru diterbitkan pada sebuah jurnal Archives of Dermatology, rokok bisa merusak pasokan darah ke akar rambut.

13. Infeksi

Apabila anda miliki infeksi di kulit kepala cepatlah diobati, karna apabila tidak infeksi ini dapat menyebabkan rambut rontok pada rambutmu. Bila sudah terjadi solusi terbaik agat rontok tidak makin parah adalah menggunakan antijamur rambut rontok.

Itulah hal-hal yang menimbulkan rambut menjadi rontok. Jumlah yang sedikit terkadang sering diabaikan, padahal bila terus didiamkan maka kepala akan menjadi botak. Sebelum hal tersebut terjadi lebih baik menghindari. Senantiasa perhatikan kandungan gizi yang anda makan dan kurangi stress ya bila tidak ingin botak.

Setelah anda tahu apa yang menyebabkan rambut rontok, sekarang anda tidak usah khawatir karena kami akan membicarakan bagaimana caranya mengatasi rambut rontok tersebut.

15 Bagaimana mengatasi Kerontokan rambut Parah

Mengatasi rambut yang rontok tidak begitu sesusah atau serumit yang anda bayangkan. Anda bisa melakukannya diwaktu senggang anda ketika dirumah. Di samping, mengatasi kerontokan rambut dirumah itu lebih aman dan hemat biaya dibanding anda harus menghabiskan beratus-ratus ribu untuk sekali perawatan ke salon dengan menggunakan bahan yang anda sendiri belum mengetahuinya secara pasti isi kandungannya. Inilah Sebagian cara mengurangi rambut rontok dirumah secara mudah.

1. Sarapan

Tak hanya untuk mengisi tenaga kita sebelum sehari-hari melakukan aktifitas, manfaat sarapan yang lain adalah dengan kesehatan rambut kita. Ketika sarapan hendaknya mengonsumsi makanan yang kaya dengan protein, gizi dan vitamin yang benar bagi tubuh dan rambut. Kekurangan protein termasuk (daging merah, telur, ayam dsb) bisa menghambat perkembangan keratin rambut. Oleh karena itu apabila di antara kalian yang gemar dengan malas sarapan, alangkah baiknya memulainya sekarang dicoba agar tidak melewatkan waktu makan pagi ini.

2. Minyak Zaitun/Olive Oil

Cara menghilangkan rambut rontok pertamanya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu, organic olive oil atau minya zaitun punya banyak manfaat dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki dapat dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati kerontokan rambut minyak zaitun caranya adalah dengan mudah. Tuangkan minyak zaitun ke 1 sdm minimal 30 menit sebelum keramas, mengoleskan minyak zaitun dari akar hingga ujung rambut seraya memijat selama setidaknya 2-4 menit dengan pelan-pelan. Sesudahnya lakukan keramas dari khususnya menggunakan shampoo sampai bersih..

3. Masker Buah-buahan

Kebanyakan wanita pasti pernah lakukan perawatan creambath baik itu di salon atau melakukan sendiri dirumah. Masker yang sudah umum digunakan untuk creambath ini dapat anda buat sendiri dirumah dengan jenis-jenis buah seperti pisang, semangka, alpukat, dan melon. Membuat masker dari berbagai macam buah, lumayan ampuh mengatasinya rambut rontok. Cara membuatnya begitu mudah. Blender hingga halus ke 3 macam buah ini kemudian tambahkan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk hingga merata. Lebih lanjut mengoleskan kesemua rambut, tunggu selama sekitar 10-15 menit lalu bilas sampai bersih..

Tahukah anda jenis buah diatas menganduk asam sitrat dan antioksidan yang benar untuk rambut kita. Dalam buah alpukat dan yoghurt memiliki kegunaan sebagai pelembab untuk rambut. Adapun buah pisang, semangka dan melon mampu menjadikan anda menjadi semakin berkilauan dan sehat.

4. Pijit Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri

Sebelum kita melakukan tahapan ini, seharusnya anda menyiapakan seperti:

  • Handuk kecil bersih 1 buah.
  • Mentium serta lemon yang direndam bersama air hangat.
  • Teh Hijau beserta daun Seledri yang sudah diseduh

Bila sudah siap semua, hal pertama kali yang anda perbuat untuk menanggulangi rambut rontok adalah ambil 1 handuk kecil bersih barusan kemudian rendam handuk ini ke dalam air hangat yang berisi mentium dan lemon kurang lebih 2-5 menit. Setelah itu peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang telah diperas tadi selama setidaknya 10 menit.

Sambil menunggui air menyerap pada kulit kepala, anda dapat melakukan beberapa kegiatan yang menjadikan anda lebih rileks seperti yoga atau dengarkan musik klasik atau tarik nafas dengan pelan-pelan dan berulang. Buat badan dan pikiran anda merasa tenang. Ini dapat mencegah rasa strees pada diri anda. Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri langkah demi langkah kepada kulit kepala, anda bisa memijat kulit kepala anda agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala. Paling akhir bilas anda sampai bersih. hingga tak ada minyak yang tersisa di kulit kepala dan rambutmu.

5. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Bagaimana caranya mengatasi kerontokan rambut lainnya dengan buah mangga, yoghurt dan kuning telur. Pertama-tama sediakan beberapa potongan buah mangga dan 1 sdm yoghurt dan 2 butir kuning telur. Blender hingga rata dan kental sesudahnya saring serat-serat kasar yang masih ada. Anda hanya butuh serat yang halus untuk dioleskan ke rambut yang rontok anda. Bila sudah terpisah, mengoleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur pada kepala anda secara rata. Beri sedikit pijatan ke kepala. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih..

6. Minyak Kemiri

Menggunakan minyak kemiri untuk menanggulangi rambut rontok bukanlah hal yang baru, sejak jaman dahulu kala kemiri sudah dimanfaatkan untuk menjadi berguna menyuburkan rambut. Pada biji kemiri terkandung 60-66% minyak. Minyak ini dia yang dimanfaatkan mengatasinya rambut rontok pada zaman dahulu hingga sekarang. Tapi pada jaman sekarang, kita tidak harus lagi ribet untuk bisa mendapatkan minyak kemiri seperti dahulu. Kini kita begitu mudah untuk bisa mendapatkan minyak kemiri di toko-toko sekeliling obat herbal di sekitaran rumah kita.

Untuk penggunaanya tidak sulit anda cukup beberapa tetesan minyak kemiri ke telapak tangan, kemudian usapkan ke seluruh rambut sampai akar rambut merata. Dan diamkan kira-kira 1-2 jam sambil memberikan pijatan dengan pelan-pelan pada bagian kulit kepala. Lalu, bersihkan rambut (keramas) sampai bersih. dengan shampoo.

7. Lidah Buaya

Tanaman ini sudah familiar lagi ditelinga kita. Lidah buaya telah begitu terkenal sekali manfaatnya mengatasinya rambut rontok. Cara penggunanya pun begitu mudah. Anda cukup mengambil 1 potong lidah buaya dan pakai dibagian dalamnya atau daging lidah buaya mengoleskan ke rambut sampai merata. Diamkan kira-kira 15-25 menit lalu anda bisa membersihkan rambut dengan shampoo dengan air yang bersih. ketika keramas sangat dianjurkan untuk bisa menggunakan air mengalir.

8. Jus Kentang

Kentang bisa membantu menyuburkan rambut dengan semakin cepat. Agar dapat mendapatkan manfaatnya kita tinggal membuatnya menjadi jus. Lalu anda dapat langsung aplikasikan ke rambut sebagai masker. Untuk hasil tinggi anda dapat tambahkan madu dan putih telur kemudian di blender hingga tercampur rata. Lebih lanjut diamkan kira-kira 30-60 menit lalu bilas sampai bersih.. Selain menjadi Salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok, jus kentang juga bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi rambut kering dan beruban.

9. Bawang Putih

Selain mencegah rambut rontok , bawang putih juga dapat mengatasi rambut yang telah terlanjur rontok karena bawang putih dipercaya dapat menghentikan rambut rontok pada rambut salah satunya parah sekalipun. Kandungan anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih inilah fungsinya untuk memusnakan parasit dan bisa mengobati infeksi di kepalanya. Cara menggunakannya ambil sebagian potong siung bawang putih lalu haluskan, anda bisa juga tambahkan minyak ziatun beberapa tetes lalu usapkan kepada rambut sampai merata. Diamkan kira-kira 30 menit lalu bilas sampai bersih.. Di samping itu kandungan belerang pada bawang putih juga mampu memperlancar peredaran darah pada akar rambut. Untuk hasil tinggi lakukan kebiasaan ini setiap harinya sebelum keramas.

10. Bawang Merah

Selain itu bawang putih, bawang merah ini juga mengandung sulfur tinggi sehingga ini yang membuatnya bawang sebagai obat alami untuk menanggulangi kerontokan rambut. Cara aplikasinya pun tidak sulit bahkan hampir setara dengan bawang putih, anda tinggal haluskan bawang merah seperti jus mengoleskan ke rambut sampai rata. Setelah 30 menit anda bisa bilas gunakan shampoo untuk sedikit mengurangi baunya ditimbulkan oleh bawang merah ini.

11. Santan

Tak hanya untuk mengkilaukan rambut santan pun mampu mengatasi kerontokan rambut. Cara penggunanya anda cukup dengan menyiapakan segelas atau bisa diatur untuk kondisi ketebalan anda. Lalu mengoleskan kesemua permukaan rambut hingga mengenai kulit kepala sampai merata. Setelah 30 menit anda dapat langsung dibilas dengan shampo dan air bersih. Setelah gunakan santan, hasil yang bisa dirasaan langsung adalah rambutmu akan terasa licin dan murah diatur bahkan berkilau. Untuk hasil maksimal gunakan santan ini setidaknya 2x dalam seminggu.

12. Jahe

Di samping memberi manfaat hangat di dalam tubuh ternyata jahe juga dapat digunakan untuk kesuburan rambut kita. Kandungan Zingeron pada jahe inilah yang bisa membantu untuk menanggulangi rambut rontok. Agar dapat menfaatkan tanaman tersebut juga cukup sulit. Caranya begitu gampang, menyiapkan 1 ruas jahe lalu bersihkan dan kupas kulitnya sesudah bersih parut jahe ini kemudian terapkan parutan jahe ke bagian rambut rontok. Biarkan sekitar 20 menit agar jahe menstimulasi sel-sel rambut. Sesudah 20 menit mencuci rambut dengan shampo dan air besih.

13. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang betul bagi kesehatan rambut, selain untuk mampu mengatasi ketombe. Jeruk nipis juga mampu mengatasi masalah rambut rontok. Penggunannya juga simpel, anda hanya memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian kemudian gosok-gosok potongan jeruk nipis pada rambut. Sesudah 15 menit bilaslah cuci rambut sampai bersih..

14. Minyak Lavender

Minyak lavender adalah salah satu dari minyak aromaterapi yang mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh dan rambut kita. Minyak lavender bisa menghilangkan rasa gatal di kulit kepala dan ketombe. Minyak lavender mempunyai antiseptik yang sangat kuat fungsinya sebagai desinfektan bagi kulit kepala kita. Untuk mendapatkan manfaat minyak lavender sebagai obat rambut yang rontok ini adalah untuk cara meteteskan kurang lebih 10 tetes minyak lavender, anda bisa juga tambahkan minyak esensial misalnya minyak zaitun ke dalamnya lalu mengoleskan ke kulit kepala sampai merata. Diamkan 20 menit lalu berishkan rambut.

15. Sehat

Tahukan anda, tubuh yang sehat berpengaruh pada rambutmu. Apabila tubuh anda sehat rambutmu mungkin akan tampak tampak indah dan sehat pula. Apa gunanya anda rutin lakukan perawatan diatas tanpa memperhatikan sehat. Oleh karena itu selain merawat rambut dengan aneka cara seperti menggunakan obat rambut rontok , perawatan di salon atau dirumah. Alangkah baiknya anda pun mulai melakukan pola hidup sehat caranya dengan berolahraga ringan, memakan makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya protein.

Tahukah anda, bahwa rambut yang terbuat dari protein? Oleh karena itu mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap harinya sangatlah baik. Khususnya sayur atau buah mengandung vitamin B, zat besi, kalsum dan seng yang bagus bagi kesehatan anda. Dan tidak lupa untuk minum air putih yang cukup.

Oke, itu dia beberapa ulasan mengenai penyebab rambut rontok sekaligus cara mengatasinya. Semoga berguna untukmu yang membaca.

Baca dan bagikan terus yah artikel ini apabila berguna ??